Lompat ke isi utama

Berita

Kepada GMPK, Abdul Holid Paparkan Peran Organisasi Mahasiswa dalam Pengawasan Pemilu

Abdul Holid menjadi narasumber pada kegiatan GMPK

Anggota Bawaslu Kabupaten Serang Abdul Holid menyampaikan materi tentang peran mahasiswa dalam mengawasi Pemilu Tahun 2024 (14/9/2023)

Serang, Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Serang – Kepada Gerakan Mahasiswa Pelajar Kebangsaan (GMPK), Abdul Holid memaparkan peran penting Organisasi mahasiswa dalam pengawasan Pemilu tahun 2024 dimana Organisasi mahasiswa dapat memainkan peran yang sangat penting dalam pengawasan pemilu partisipatif. Pengawasan pemilu merupakan salah satu mekanisme penting dalam memastikan pemilu yang adil, transparan, dan bebas dari kecurangan.

Hal ini terekam pada saat ia menjadi Narasumber dalam Kegiatan Diskusi kebangsaan dengan tema "Pentingnya Political Education Bagi Mahasiswa Di Era Society 5.0" yang diselenggarakan oleh Organisasi GMPK, bertempat di Taman Kopi, Kamis (14/9/2023).

Dengan memainkan peran ini, organisasi mahasiswa dapat berkontribusi secara signifikan dalam memastikan pemilu yang lebih adil, transparan, dan partisipatif. Melibatkan pemuda dalam proses pemilu juga dapat membantu membentuk masa depan politik yang lebih baik bagi negara.

Secara hirarkis pengawas pemilu adalah Bawaslu, namun secara hakekat demokrasi rakyat sebagai pelaku utama dalam demokrasi (dari rakyat oleh rakyat untuk rakyat).