HUKUM DATA DAN INFORMASI – ARI SETIAWAN

Ari Setiawan

Ari lahir di sebuah Desa kecil di Kecamatan Petir Kabupaten Serang, anak kedua dari empat bersaudara yang lahir pada 27 April 1987 ini menamatkan pendidikan dasarnya di Madrasah Ibtidaiyah Sholatiyah Kepandean pada tahun 1999, sempat mengenyam pendidikan di MTs Nur El-Falah Kubang selama setahun, Ari kemudian melanjutkan pendidikannya di Pondok Pesantren Al-Ihsan Pandeglang hingga lulus Madrasah Aliyah pada tahun 2005. Selama menempuh pendidikan di Pesantren, Ari pernah diberikan tanggung jawab sebagai Ketua OSIS dan Ketua Mudabir Pondok Pesantren Al-Ihsan sekaligus pada periode 2004-2005.

Setelah menamatkan pendidikan menengah di Pandeglang, Ari kemudian melanjutkan pendidikannya ke perguruan Tinggi Negeri di Banten, tepatnya di IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten dengan mengambil Jurusan Jinayah Siyasah Fakultas Syariah.
Selama di kampus, Ari termasuk mahasiswa yang aktif dalam organisasi kemahasiswaan, baik intra maupun ekstra kampus. Di internal kampus, Ari Pernah menempati beberapa jabatan, diantaranya Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Jinayah Siyasah, Wakil Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas (BEMF) Syariah dan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mahasiswa Institut.
Sementara di eksternal kampus, Ari aktif di organisasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), dan pernah menempati jabatan sebagai Ketua Umum HMI Komisariat Syariah dan Kepala Bidang Pemberdayaan Anggota HMI Cabang Serang, sebelum akhirnya lulus pada tahun 2009 dari IAIN.
Lulus dari kampus, Ari merasa masih ada yang kurang dari dirinya, terutama terkait dengan softskill bahasa, dia sadar bahwa Bahasa Inggris merupakan kebutuhan dasar dan harus dikuasi di era globalisasi seperti saat ini, akhirnya pada tahun 2010 memutuskan untuk mengambil kursus di Pare, atau yang lebih dikenal sebagai Kampung Inggris. Ari menghabiskan waktu setengah tahun untuk belajar di sana, dan satu tahun mengajar di Global English Pare.

Setelah satu setengah tahun dia habiskan untuk menimba dan berbagi ilmu di Pare, Ari kemudian kembali ke Banten untuk memulai perjalanan baru. Dalam perjalanannya itu, dia memilih untuk bergabung dengan sebuah organisasi nonpemerintah Pusat Telaah dan Informasi Regional (PATTIRO) Banten yang fokus terhadap isu desentralisasi dan pelayanan publik. Pada saat pertama kali bergabung di tahun 2011, dia diberi tugas sebagai asisten koordinator program dari Article 19 terkait keterbukaan informasi publik sekolah di Banten. Kemudian pada tahun 2013, Ari diminta bergabung dengan PATTIRO Jakarta, dan diberikan mandat untuk menjadi Koordinator Koalisi Freedom of Information Network Indonesia (FOINI), yang beranggotakan NGO nasional seperti ICW, IPC, ICEL, TI Indonesia, Perludem dan yang lainnya. Di Koalisi yang fokus dalam mengawal isu keterbukaan informasi publik ini memberikan kesempatan kepada Ari untuk banyak berinteraksi dengan para aktivis nasional di lintas isu.

Di tahun 2013 juga, Ari melepas masa lajangnya dengan gadis yang dikenalnya semenjak di bangku SMA. Dari pernikahannya tersebut, Ari dan Istri sudah dikaruniai dua orang anak, perempuan dan laki-laki.
Pada tahun 2015, PATTIRO bekerjasama dengan Harvard Kennedy School of Government dalam menyusun riset dan pendampingan dalam persoalan kesehatan di dua Provinsi, yaitu Sulawesi Selatan dan Banten, Ari ditunjuk sebagai senior fasilitator untuk wilayah Banten.
Pada tahun 2016 Ari kemudian terpilih sebagai Direktur Eksekutif PATTIRO Banten untuk periode 2016-2018, dan melanjutkan kepengurusan sebelumnya. Banyak advokasi yang sudah didorong oleh Ari, mulai isu pendidikan di Kabupaten Serang dan Kebijakan Kesehatan di Banten, dan turut mengasistensi pelaksanaan keterbukaan informasi publik di Banten.
Di akhir masa khidmatnya di PATTIRO Banten tahun 2018, Ari kemudian turut mengikuti seleksi penerimaan anggota Bawaslu Kabupaten Serang yang diselenggarakan serentak secara nasional. Setelah melalui proses panjang seleksi Bawaslu, yang kemudian membawa Ari terpilih dan dilantik sebagai Anggota Bawaslu Kabupaten Serang periode 2018-2023 bersama 4 (empat) anggota yang lain, dan sekarang mengampu Divis Hukum Data dan Informasi.

https://www.facebook.com/kaseppisan1