Peran Penting Pemilih Potensial dalam Pilkada 2020

Abdurrohman, Kordiv PHL Bawaslu Kabupaten Serang (Kiri) dan Zainal Muttaqin, anggota KPU Kabupaten Serang bersama siswa siswi MA Nurul Huda – Baros usai melaksanakan kegiatan Sosialisasi Goes to School yang diselenggarakan KPU Kabupaten Serang, Selasa (28/1/20)

Bawaslu Kabupaten Serang, Selasa (28/1/2020) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Serang melaksanakan Sosialisasi Pilkada serentak Tahun 2020. Dengan mengusung tema Sosialisasi Goes To School, kegiatan ini menyasar siswa/siswi Sekolah Menengah Atas di wilayah Kabupaten Serang, yang merupakan kategori pemilih potensial pada Pilkada 2020 mendatang.

Kegiatan ini salah satunya diselenggarakan di Madrasah Aliyah Nurul Huda, Baros. Bertindak sebagai narasumber adalah Abdurrohman, Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Kabupaten Serang, bersama dengan Kepala Divisi Hukum KPU Kabupaten Serang, Zaenal Muttaqien.

Abdurrohman saat memberikan materi dihadapan siswa-siswi MA Nurul Huda, Baros

Dalam kesempatan tersebut, Abdurrohman, menyampaikan pentingnya keterlibatan pelajar yang sudah memenuhi syarat sebagai pemilih dalam Pilkada 2020. Selain itu, Pria yang akrab disapa Oman itupun mengenalkan tugas dan fungsi Bawaslu dalam penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan.

“Adik-adik pelajar yang sudah punya hak pilih, penting turut serta memilih dalam Pilkada. Tentu memilih dengan cerdas. Bukan memilih karena diiming-imingi imbalan, money politic itu namanya. Ada peraturan yang melarang itu, dan ada sanksi pidananya”, ujar Oman

“Bawaslu hadir dalam Pilkada untuk mencegah, mengawasi dan menindak. Mencegah terjadinya hal-hal yang dilarang oleh peraturan, mengawasi setiap proses menindak sesuai undang-undang jika terjadi pelanggaran”, papar Oman.

Dalam kesempatan yang sama, Zaenal Muttaqien menyampaikan kepada siswa-siswi yang sudah berusia 17 tahun untuk mengurus identitas kependudukan, sebagai salah satu syarat memberikan hak pilih.

“Adik-adik yang sudah berusia 17 tahun, segera bikin KTP. Minta dampingi ke orang tua, supaya nanti pilkada 2020 bisa menggunakan hak pilih. Bisa milih bupati. KTP itu salah satu syarat supaya bisa menggunakan hak pilih”, terang Zaenal.

Abdurrohman didampingi Zainal Muttaqin dan H. Hasan Basri, Kepala Sekolah MA Nurul Huda menyerahkan kenang-kenangan kepada Siswi MA Nurul Huda, Baros.

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *