Bawaslu Gelar Workshop Penerapan Pasal 71 UU Nomor 10 Tahun 2016

Bawaslu Kabupaten Serang – Bawaslu Republik Indonesia gelar Workshop Penerapan Pasal 71 UU Nomor 10 Tahun 2016 gelombang III, di Golden tulip Galaxy Hotel Banjarmasin, Selasa (11/2/2020).

Kegiatan dihadiri oleh Ketua Bawaslu RI abhan dan Anggota Bawaslu RI Ratna Dewi Petalolo, Dirjen pemerintahan umum dan politik kementerian dalam negeri, Wakil ketua KASN, Gubernur, Bupati dan Walikota terundang 10 Provinsi dan 83 Kab/Kota. Hadir juga Wakil Buapti Kab. Serang Drs. H. Pandji Tirtayasa, M.Si

Dalam sambutannya, Ketua Bawaslu RI Abhan menjelaskan, Workshop ini  difokuskan untuk membahas  Penerapan Pasal 71 UU Nomor 10 Tahun 2016 yang berisi tentang larangan bagi kepala daerah atau petahana  melakukan penggantian/mutasi dan Netralitas ASN pada pelaksanaan Pilkada Serentak tahun 2020.

Dijelaskannya, sesuai Surat Edaran dari Mendagri RI  nomor 273/487/SJ tentang Penegasan dan Penjelasan terkait pelaksanaan Pilkada  serentak tahun 2020 dimana disebutkan,  Gubernur atau Wakil Gubernur, Bupati atau Wakil Bupati dan Walikota atau Wakil Walikota sebagaimana dimaksud pada Pasal 71 UU Nomor  10 Tahun 2016 adalah  Gubernur atau wakil gubernur, bupati atau wakil bupati dan walikota atau wakil walikota pada daerah yang menyelenggarakan Pilkada baik yang mencalonkan maupun yang tidak mencalonkan pada Pilkada.

Masih dalam sambutannya, adapun objek larangan yang dimaksud dalam Pasal 71 UU Nomor  10 Tahun 2016 adalah,  melakukan “pergantian”  (dalam hal ini hanya dibatasi untuk mutasi dalam jabatan) pejabat 6 (enam) bulan sebelum tanggal penetapan pasangan  calon sampai dengan akhir masa jabatan kecuali mendapat persetujuan tertulis dari menteri (pasal 71 ayat (2) UU Pemilihan).

Dia berharap kepada peserta Workshop agar sepemahaman dalam menerapkan pasal tersebut.

“Harapan bisa satu pemahaman terkait penerapan pasal 71 uu 10 tahun 2016”, pungkasnya. (jb/humas)

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *